Minggu, 08 Januari 2017

PENGERTIAN SEO . SEM .SMM , DAN SMO.

PENGERTIAN SEO . SEM .SMM , DAN SMO.

Apa itu SEO ? SEO atau singkatan dari search engine optimization adalah kegiatan proses mengoptimalkan halaman Web atau situs secara keseluruhan untuk membuat website tersebut  lebih SEO friendly (mudah di baca oleh google sehingga mendapatkan posisi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian, atau teknik untuk menaikan sebuah website di halaman mesin pencari seperti google.com bing.com dan yahoo.com dan mesin pencari lainya di dunia ini .
Fungsi dan Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs blog/web pada posisi teratas di Search Engine khususnya di Google, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs blog/web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Apa itu SEM ?
SEM singkatan dari Search Engine Marketing adalah teknik pemasaran produk (website bisnis anda) dengan membayar periklanan yang menyediakan jasa tersebut. Iklan yang tampil dapat berupa gambar, animasi, video, dan tulisan. Salah satunya yang merupakan SEM adalah Google Adwords, yang menampilkan iklan anda di hasil pencarian Search Engine dengan kata kunci tertentu. Untuk Google Adwords penempatannya akan terdapat di atas hasil pencarian atau dibilah kanan hasil pencarian, dan di paling bawah dekat dengan menu navigasi halaman hasil pencarian.
Pengertian dari SMM (Social Media Marketing)

SMM adalah teknik marketing yang menggunakan Social Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. SMM lebih kepada pembangunan dan pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun target pasar dari bisnis online anda. Dalam pembangunan SMM perlu diingat bahwa kita harus membangun kelompok atau target pasar dengan sikap saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target pasar.

Apa itu SMO (Social Media Optimization) ?
SMO singkatan kata dari Social Media Optimization, yakni sebuah metode meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website via aktivitas sosial media. SMO bisa dikatakan sebagai proses meningkatkan kesadaran pengguna internet terhadap produk, merek atau promosi event via layanan sosial media beserta komunitas untuk publisitas secara viral. 


Manfaat SEO, SEM, SMM & SMO

1.       Trafik Kunjungan

SEO, SEM, SMM dan SMO bertujuan meningkatkan jumlah trafik kunjungan dari pengguna internet tertarget, mulai dari mesin pencari hingga sosial media. Empat metode tersebut jauh lebih efektif dan hemat biaya ketimbang email marketing. Dengan penerapan strategi yang tepat, website mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.
2.       Peringkat website
Jika ingin website lebih ramah mesin pencari, maka metode SEO, SEM, SMM dan SMO sangat diperlukan. Peringkat website pada hasil penelusuran untuk kata kunci tertentu semakin terdongkrak naik, bahkan kemungkinan besar berada di urutan teratas apabila semua diterapkan sempurna.

3.      Cepat popular
Cara tercepat menarik perhatian pengguna internet agar mau berkunjung ke website melalui SEO, SEM, SMM dan SMO. Biaya jauh lebih terjangkau dan efektif ketimbang promosi offline via media cetak atau email marketing. Dampak positif pada website bisa dirasakan lebih cepat, meski tergantung dari konten, kata kunci beserta kebiasaan pengguna internet.


4.       Kemudahan analisis
SEO, SEM, SMM dan SMO memungkinkan pemilik website menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak memperoleh data akurat.

5.       Brand awareness
Tujuan utama SEO, SEM, SMM dan SMO tak sekedar meningkatkan trafik kunjungan, tetapi mendongkrak brand awareness atau kesadaran merek di mata pengguna internet. Semakin tinggi posisi website di mesin pencari atau sosial media, maka lebih banyak kunjungan pengguna internet menuju website. Hal ini turut mempengaruhi angka penjualan.


6.      Promosi efektif
Menguasai metode SEO, SEM, SMM dan SMO mempermudah website dalam mempromosikan produk, konten, press release atau informasi penting yang perlu diketahui oleh konsumen secepat mungkin. Kombinasi empat metode tersebut sangat kuat sehingga berpengaruh besar dalam promosi efektif nan murah.

Sumber : https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar