Minggu, 23 Oktober 2016

INOVASI OTOMOTIF RODA DUA




INOVASI OTOMOTIF RODA DUA (MOTORCYLCE)

Dalam dunia transportasi perkembangan yang telah kita lihat sangatlah pesat . dalam hal otomotif pun Tidak mau  kalah , Teknologi dan desain pun diutamakan, dan juga Faktor keselamatan yang semakin diperhitungkan. Ada beberapa tentang teknologi dari jaman motor jadul sampai motor modern, perubahan itu dapat kita lihat dari berbagai macam aspek seperti tampilan spidometer yang lebih menarik dan memudahkan pengguna dalam mengontrol kecepatan .




  1. SPIDOMETER

    Dalam hal ini Spidometer motor jaman dahulu identic dengan menggunakan jarum sebagai penunjuk kecepatan maupun alat ukur bahan bakar . dengan teknologi yang berkembang sekarang , spidometer motor modern telah menggunakan full digital . Upaya perubahan ini dilakukan untuk memudahkan pengemudi dalam mengontrol kendaraannya

    (Spidometer Motor Jadul)


    (Spidometer Motor Modern)




  2. REM
    Rem Motor jadul menggunakan asbestos yang tidak ramah lingkungan dan bila kena air akan mengeras , REM motor terdahulu masih menggunakan tromol . Sedangkan Rem motor modern telah menggunakan REM cakram hydraulic , dengan REM ini reflek pengendara akan jauh lebih baik di bandingkan dengan REM asbestos .

    (REM motor jadul menggunakan Tromol)



    (Rem motor modern menggunakan cakram Hydraulic )

  3. Lampu

    Motor jadul menggunakan bohlam dengan intensitas cahaya yang cukup baik,namun kekurangan dari lampu bohlam ini adalah umur dari kualitas bohlam tersebut .Oleh Karena itu teknologi lampu yang di gunakan motor modern telah menggunakan lampu berbasis LED,HID ,HALOGEN . selain intensitas cahaya yang lebih baik dari bohlam , lampu motor modern yang menggunakan LED , HID , HALOGEN dapat menempuh jarak  tembak cahaya lebih luas di bandingkan dengan lampu bohlam .

    ( Lampu Motor Jadul Menggunakan Bohlam)


    (Lampu Motor Modern Menggunakan LED)


  4. Desain dan Handling

    Desain motor sekarang lebih ergonomis, dirancang agar pengendaranya bisa lebih bermanuver dengan baik, bagian stang dan jok menjadi prioritas utama, tentunya agar tidak cepat lelah sehingga reflek tetap baik. Contoh pemasangan balancer, sebagai peredam getaran dari mesin dan jika terjadi kecelakaan dapat mengurangi resiko kerusakan.

    (Motor Jadul )
     

    (Motor Modern )


  5. Sensor sudut kemiringan motor
    Sensor motor kemiringan motor yang di maksud adalah kondisi apabila pengendara mengalami kecelakaan namun kendaraan masih menyala . Dalam motor jadul sensor ini belum di terapkan . oleh Karena itu pihak produsen kendaraan roda dua (seperti Yamaha , Kawasaki , Suzuki , honda ) telah menerapkan teknologi ini .  sensor ini akan mendeteksi apabila kendaraan mendeteksi sudut kemiringan sepeda motor hingga 60 derajat , saat mencapai sudut itu selama lebih dari 5 detik , nformasi dikirim ke Electronic Control Unit (ECU) untuk menghentikan kerja pompa bensin, injektor, dan ignition coil. Dalam kondisi demikian, mesin akan mati. Teknologi ini telah di terapkan di motor modern jaman sekarang , upaya ini di lakukan untuk mencegah kendaraan tersebut mengalami kebocoran tanki dan berakibat kendaraan tersebut meledak .

    (Motor Jadul crash )



    (Motor Modern Crash )



    Sumber : https://otomercon.com/2010/05/22/apa-saja-perbedaan-motor-jadul-dan-motor-modern/

1 komentar: